Jumat, 23 November 2012

CINTA MONYET

-=- Andre POV =-
            Namaku Andre anak kelas 12 di salah satu SMA yang keren. Sore itu aku sedang berbaring di atas tempat tidurku sambil memainkan ponselku. Bosan, itu yang aku rasakan. Akhirnya aku memutuskan untuk mengirim sms pada temanku untuk mengajaknya keluar.
            Woy, bosen nih.
Tapi smsnya ngggak terkirim. Gawat! Jangan-jangan udah abis.
            *388# call
            Pulsa utama Rp.463. Aktif 05/12/07
            “Yaelah, udah lewat masa aktif.”
            Aku memutuskan untuk nonton TV di ruang tengah. Saat aku sedang menonton, tiba-tiba terdengar suara Berta adikku sedang berbicara sendiri, lalu aku memutuskan untuk masuk ke kamarnya.
            “Eh lagi teleponan,”
            “Ssst, diem!”
            “........”
            “ya udah sampai ketemu besok yah, awas kalo ngga dateng,”
            “Teleponan sama siapa?”
            “Siapa aja boleh,”
BUK. Aku melempar bantal yang ada di sampingku ke arahnya.
“aaaw.., apaan sih? Sakit tau.”
“mau ketemuan sama siapa?”
“temen kok. Eh kak cewek cantik itu menurut kakak gimana?”
“uhmm, nggak norak. Aaah, mau ketemuan sama cowok nih.”
“emang, kak lu kapan dapet pacar?”
“kapan ya? Belom ada yang cantik sih jadi gue belom dapet deh.”
“ooh, heran deh kayak aku dong lewat telepon terus besok penentuan deh mau lanjut apa ga,”
“ehh, ternyata lewat telepon toh. Ati-ati lho”
“tapi bisa dicoba tuh kak. Hihihiii, dah sana keluar, noh TV nya sendirian.”
            Aku memikirkan kata-kata adikku sambil nonton TV. Ih, konyol banget deh masa cari pacar lewat telepon. Tiba-tiba Raka datang. Dia mengajakku keluar untuk membeli nomor ponsel baru sekalian nongkrong di cafe coklat yang baru.
             “Nomor ini ada yang belakangnya 77 nggak?”
            “Barusan diambil, Mas.”
            “Ambil yang ini aja. Berapa?”
            “Sepuluh ribu.”
            “Suka banget sih sama 77,” celetuk Raka
            “Tau kenapa tiba-tiba aja pingin,”
            “Berarti nomor lu ada yang nyamain dong?”
            “Emang kenapa?”
            “Siapa tau yang punya cewek, kan bisa buat gebetan,”
PLUK. Aku menimpuk lengan temanku.
            “Bikin malu aja lu,”
            “Eh mas, tadi yang beli tu nomer cewek apa cowok?” tanya Raka.
            “Bapak-bapak mas,”
            “Malu deeh,” kata ku
            “Siapa tau bapaknya, sini gue catet nomornya ntar gue yang cek,”
            Keesokan harinya, Raka mengabariku kalo yang punya nomer itu anak cewek, suaranya imut-imut banget katanya. Tapi sayangnya dia ngga ngomong saking terpesona sama suaranya yang nggemesin itu.
            Aku jadi penasaran sama cewek yang diomongin Raka, aku juga terngiang-ngiang dengan ucapan adikku. Akhirnya aku memutuskan untuk menelponnya malam itu.
            Tut....tut...tut...
            “Halo,”
            “Halo,”
            “Siapa nih?” balasnya. Beneran deh suaranya imut banget.
            “Lha ini siapa?”. Haduh ngga tau deh harus ngomong apa.
            “Kenapa malah balik nanya? Emang kamu dapet nomerku dari mana?”
            “Dari temen,”. Gila jujur banget aku ngomongnya.
            “Oh, terus kamu siapa?”
            “Andre, kamu siapa?”. Ih, aku mikir apa sih kenapa bisa jujur banget gini?
            “Oh aku Indri.” Haduh kayak lagi badmood nih orang.
            “Kamu orang mana?”
            “Aku orang Bandung, kamu?”
            “Oh berarti kita sama dong, masih sekolah?”
            “Masih,”
            “Dimana?”
            “SMP 13 Bandung kelas 8. Kamu?”
            “Oh, jauhan sama sekolahku. Aku di SMA 03 Bandung. Kelas 12”
Akhirnya aku ngobrol panjang banget sama Indri tapi dia banyak diem jadinya aku yang cerewet. Tapi boleh juga buat temen baru. Dan karena aku lebih tua, jadi dia memanggilku dengan sebutan “Kakak” dan langsung aja aku manggil “Adek” untuknya. So sweet banget kan?
            Di sekolah aku cerita ke Raka tentang Indri, dia menebak kalau aku suka sama dia. Aku jadi berpikir masa’ iya aku suka sama anak SMP sih? Kata Raka, aku harus hati-hati, anak SMP itu masih labil jadi jangan terlalu berharap sama Indri.
            Semenjak aku berkenalan dengan Indri aku sering cerita ke Luna soalnya dia sepupu aku yang satu sekolah sama Indri dan aku selalu tembakin banyak banget pertanyaan ke dia. Dia bilang kalo Indri itu anaknya asik, dan pinter apa aja, dan kayaknya dia belum punya pacar. Anehnya aku berasa senang mendengarnya belum punya pacar.
            Suatu siang aku iseng-iseng ngobrol sama Indri di telepon.
            “Dek, kakak cariin cewek dong,”
            “Kakak nggak salah minta tolong ke aku? Ada sih ntar aku kirim nomer
            ponselnya ke kakak,”
            “Lha kamu udah dapet lampu hijau belom?”
            “Aku belum boleh pacaran kak,”

-= Indri POV =-
            Hai, namaku Indri. Aku masih duduk di bangku SMP kelas 8 di salah satu SMP yang lumayan keren. Aku sudah berkenalan kurang lebih 2 minggu dengan seseorang yang bernama Andre. Sebenarnya sih aku seneng banget dapet teman baru, wajar aja kan anak SMP kaya aku paling suka sama hal-hal baru.
            Suatu siang aku dapet panggilan telepon, ternyata dari Kak Andre. Tumben banget siang-siang nelpon. Untung aja kelas lagi sepi.
            “Halo, tumben kak nelepon siang-siang”
Kita langsung hanyut dalam pembicaraan kita yang tergolong nggak penting, tapi aku nyaman aja sih, tapi di penghujung obrolan aku jadi bad mood.
            “Dek, kakak cariin cewek dong,”
            “Kakak nggak salah minta tolong ke aku? Ada sih ntar aku kirim nomer
            ponselnya ke kakak,” kataku. Tapi kok aku merasa nggak terima?
            “Lha kamu udah dapet lampu hijau belom?”
            “Aku belum boleh pacaran kak,” kataku dengan jujur.
Selesai ngobrol aku menghubungi kakak kelasku, namanya mbak Eri. Dia sih mau aja kenalan sama kak Andre ya udah langsung ku kirim nomernya mbak Eri ke Kak Andre.
            Semenjak kejadian itu, kak Andre semakin jarang menghubungiku. Tapi itu hanya berlangsung beberapa hari. Setiap ku sms mengenai hubungannya dengan mbak Eri, dia seperti menghindarinya. Akhirnya aku memberanikan diri untuk bertanya pada Luna teman kelasku.
            “Luna, kamu kenal kan sama Andre?”
            “Iya sih, emang kenapa?”
         “Waktu itu kan dia memintaku untuk mencarikan cewek, ya udah ku kasih. Tapi setiap kutanya bagaimana hubungannya dengan temanku, dia selalu menghindar. Heran deh, maunya apa sih?”
            “Oh, dia juga cerita ke aku. Dia itu maunya sama kamu bukan sama Eri.”
JEDERR... aku kaget waktu mendengar pernyataan Luna. Jadi Kak Andre suka sama aku? Haduh semoga aja aku nggak salah tingkah habis ini.
            Semenjak pernyataan Luna, aku nggak pernah membahas mbak Eri sama Kak Andre, aku takut kalau aku jadi nggak berteman lagi sama Kak Andre, lebih tepatnya sih takut kehilangan Kak Andre.
            Kak Andre sering banget telepon pagi-pagi malah hampir tiap pagi dia yang nelpon duluan. Kalau ponselku udah bunyi, aku langsung minum air putih biar suaranya jernih, baru deh ku angkat teleponnya. Pagi itu pun saat aku masih berada di alam bawah sadar, Kak Andre udah nelepon, langsung aja aku bangun, minum air putih terus nerima telepon.
            “Haloo,”
            “Udah bangun dek,”
            “Udah lah,” Bohong. Padahal aku masih ngantuk banget dan kepingin tidur lagi.
            “Mimpi apa semalem? Mimpiin aku ngga?”
            “PD banget banget sih kak,”
            “Oh iya, kakak mau ngomong tapi kamu jangan marah ya,”
            “ Hmm, tinggal bilang aja kok.”
Sumpah deh aku bener-bener pingin tidur lagi. Ini sih belum ada jam 5, biasanya kak Andre nelpon jam 5an. Tapi tiba-tiba aku langsung syok tingkat dewa. Aku salah tingkah banget di kamar, tapi beruntung aku masih bisa acting di pembicaraan telepon.
            “Kita kan udah kenal cukup lama, dan aku rasa kamu orang yang cukup    dewasa,”
Haduh aku udah langsung nebak arah pembicaraannya, ngga tau deh muka aku udah merah apa belum yang pasti aku udah salah tingkah waktu itu.
            “Kakak pingin kamu selalu ada buat kakak.”
            “Lho kan emang gitu, aku selalu nerima telepon kakak, selalu balas sms kakak, iya kan?”
            “Iya sih, tapi kakak mau yang lebih dari temen,”
JEDERR... tuh kan beneran, aku harus nyiapin jawaban nih. Apa ya? Aduh bingung banget.
            “Kak, sebenernya mau ngomong apa sih? Aku jadi bingung.”
            “Kakak mau kamu jadi pacar kakak,”
Berasa terbang sampai ke langit ke tujuh. Aku harus ngomong apa? Aku harus jawab apa? Seseorang tolongin aku, aku bingung harus jawab apa.
            “Uhmm, iya deh aku mau,”  ucapku reflek.
What? Jadi aku nerima? Tapi rasanya lega, jangan-jangan aku suka sama Kak Andre. Ya udah deh aku jalanin dulu, kalau nggak cocok ya berhenti.
            “Beneran? Makasih sayang,”
Hah? Sayang? Ngga salah denger? Ya ampun jadi aku punya pacar? Ngga bisa dipercaya.
            “Iya, Kakak,”
            “Kok manggilnya kakak sih? Malu ya mau manggil sayang?”
            “Ih apa sih? Udah ah aku mau mandi, Bye.” Aku langsung menutup telepon saking malunya.

-=Flash back=- 
-= Andre POV =-
            Semalaman aku nggak bisa tidur. Jujur aja aku sudah jatuh hati pada Indri, aku tadi siang ketahuan sama Luna kalau lagi melamun. Dia nyaranin aku supaya aku jadian aja sama Indri. Aku itu orangnya takut di tolak, akhirnya aku memutuskan untuk nyatain perasaanku lewat telepon.
-= Flash back end =-

            Di sekolah,
            “Kayaknya lagi seneng banget? Habis ngapain lu?”
            “Aku udah jadian sama Indri.”
            “Ha? Kapan? Terus dimana?”
            “Tadi pagi.”
            “Lo ketemu Indri pagi-pagi? Waah salut gue sama lu.”
            “Enggak. Tadi pagi lewat telepon. Habisnya gue kan takut ditolak,”
            “What? Terus langsung diterima? Gila tuh Indri. Menurut gue nih, si Indri yang sering lo ceritain anaknya udah dewasa, menurut gue tetep aja kayak kecil.”
            “Ko gitu?
            “Ya iyalah, dia itu masih pingin seneng-seneng. Dia emang suka sama lo. Dia langsung nerima lo tanpa pertimbangan. Kalau pacar gue dulu lewat telepon nggak mau, dia maunya langsung ketemu sama gue, dia nganggep gue pengecut karena gue ngga berani buat nunjukin muka. Paham?”
            “Iya sih. Tapi biarin aja yang penting gue udah jadian sama Indri.”
           “Yah, ini lagi sama aja. Tebakkan yah, dia bakalan biasa aja walaupun nggak ketemu lo sampe berbulan-bulan.”
            “Kita liat aja,”
            Sore itu aku ngeliat Berta di ruang TV keliatannya sih lagi murung gitu, biasanya juga rajin teleponan jangan-jangan ada sesuatu. Saat ku tanya, ternyata dia lagi kecewa sama temen cowoknya di telepon. Jadi ceritanya dia tuh udah ketemu sama temen teleponnya itu orangnya sih biasa aja ngga cakep-cakep amat tapi ngga jelek juga. Mereka juga ngobrol sebentar aja soalnya adekku itu ngerasa canggung banget obrolannya, beda waktu di telepon jadi dia memutuskan buat pulang duluan alasannya ada acara mendadak. Kasian juga tuh si Berta.

-= Indri POV =-
            Sudah 2 bulan aku menjalin hubungan dengan Kak Andre. Aku ngerasa beda saat aku belum jadi pacar kak Andre dengan setelah aku jadi pacar kak Andre. Dulu dia sering nyeritain temen-temennya, adiknya, bahkan masalahnya sekalipun. Tapi sekarang? ngga tau deh pokoknya beda aja, kayaknya dia ngga ingin nyeritakan masalahnya ke aku padahal aku tuh pingin tau mulai dari kegiatannya dia ngapain aja sampai siapa aja yang deket sama dia. Kenapa? Aku kayak anak kecil banget ya? Bukan gitu selama ini kalau aku ajak Kak Andre buat ketemuan dia pasti selalu ngelak. Aku maunya kita itu bisa sekali aja ngobrol bareng secara langsung ngga pakai perantara telepon. Orang tuaku tidak mengetahui kalau aku sudah punya pacar, mereka hanya tau kalau aku sering teleponan dengan seseorang. Aku merasa kalau dia itu bukan pacar aku tapi cuma temen ngobrol buat aku. Kak Andre juga ngga mau aku ajak smsan, maksud ku biar dalam kondisi apapun kita bisa tau keadaan satu sama lain. Aku jadi berpikir sebenarnya yang kayak anak kecil itu aku apa dia? Kak Andre nggak pernah menjelaskan kenapa dia selalu rajin telepon aku pagi-pagi, kenapa sekarang dia nggak pernah bales sms aku, kenapa dia nggak pernah ngajak aku ketemu dan kenapa dia selalu mengelak setiap aku ajak dia ketemu. Apa kak Andre punya rahasia kebohongan sama aku?

-=Writer POV=-
            Andre dan Indri sepasang kekasih yang ternyata sama-sama sedang galau mengenai hubungan mereka. Andre yang ternyata takut untuk bertemu dengan Indri kalau-kalau setelah bertemu nantinya mereka akan memutuskan komunikasi mereka seperti yang telah di alami Berta, adiknya. Disisi lain, Indri merasa tidak nyaman dalam hubungannya. Dia beranggapan bahwa Andre tidak mau terbuka padanya.
            Akhirnya, dia bercerita mengenai masalahnya pada Luna. Dia meminta pendapat Luna apakah hubungannya dengan Andre harus diakhiri atau tetap dilanjutkan. Luna tidak bisa berkata apapun karena sebenarnya dia mengetahui sesuatu yang sangat rahasia untuk diungkapkan pada Indri.

-= Flash back =-
            “Halo Luna, aku mau ngomong sama kamu tentang rahasia aku, tapi kamu harus janji jangan bilang ke Indri,”
            “Okay, tapi rahasia apa?”
            “Aku bohong tentang tempat tinggalku yang sebenarnya, aku bilang kalau aku tinggal di Bandung, padahal sebenernya aku di Jakarta.”
            “Ya ampun itu kan beneran. Orang tua mas Andre memang ada di Bandung.”
            “Tapi Indri ngga tau soal ini, dan lagi aku juga bohong tentang sekolah aku di SMA 3 Bandung,”
            “What? Maksud mas apa bohongin Indri? Kalau dia tau bisa gawat. Dia paling benci yang namanya kebohongan.”
            “Ya biar deket aja jaraknya sama dia, kalau ada hari yang tepat aku akan jujur sama dia”
-= Flash back end =-

            Malam itu tiba-tiba ponsel Indri berdering, ternyata dari Andre dia langsung menerima telepon itu. Dalam pikirannya dia nanti ingin meminta penjelasan pada Andri. Dalam pembicaraannya, Andri malah yang bertanya hal yang menggoyahkan niat Indri.
            “Sayang, tiba-tiba aku merasa takut,”
            “Kenapa?”
            “Apa yang diomongin Luna itu bener?”
Ternyata Luna menceritakan masalah Indri pada Andre kalau dia hendak memutuskan hubungannya dengan Andre. Indri merasa kasihan pada Andre, nada bicaranya terdengar begitu sedih. Akhirnya Indri berkata bahwa itu tidak benar karena Indri masih ingin bersama Andre. Namun mereka memiliki pemikiran yang sama, ingin selalu bersama itu tidak harus terikat sebagai seorang kekasih bisa juga sebagai sahabat bahkan teman. Namun mereka memutuskan untuk diam dan melanjutkan obrolan yang lain.
            Indri akhirnya merenung, dia sangat yakin bahwa Andre memiliki sesuatu yang Indri tidak tau, Luna pun urung untuk angkat bicara pada Indri. Luna menyarankan pada Indri untuk menanyakan hal ini setelah kelulusan supaya tidak mengganggu konsentrasi Andre.
            Di sisi lain, Andre bercerita pada Raka tentang masalahnya bahwa ada kemungkinan kalau Indri akan memutuskan hubungan mereka. Luna berkata bahwa Indri merasa bahwa Andre tidak mau terbuka padanya sehingga dia berniat untuk memutuskannya. Andre memang telah bohong pada Indri, namun ia belum siap untuk berkata semuanya pada Indri. Raka menyarankan agar Andre segera berkata yang sebenarnya pada Indri mengenai segala sesuatu yang telah dia sembunyikan supaya tidak menjadi beban pikiran untuk Andre, apalagi 2 minggu lagi ada Ujian Nasional.
            Suatu siang Indri menelepon Andre untuk menemuinya di Shoping Centre lantai 3 untuk meyakinkannya bahwa semua akan baik-baik saja. Mau tidak mau karena Andre sudah bilang dia ada di rumahnya dan untung saja dia sedang berada di Bandung, dia langsung berangkat ke Shoping Centre. Di sana Indri meyakinkannya bahwa semua akan baik-baik saja dan meminta Andre untuk fokus pada Ujian Nasional yang akan dilaksanakan 2 minggu lagi, dan dia juga meminta untuk tidak terlalu sering menghubunginya karena Indri juga akan menempuh Ulangan Akhir Semester minggu depan.
            UN pun selesai. Andre sudah dinyatakan lulus dan dia sudah diterima di salah satu universitas. Di sisi lain, Indri sudah merenung selama apa yang akan dia bicarakan nanti pada Andre mengenai hubungan mereka. Malam itu Indri memutuskan untuk menghubunginya lewat telepon.
            “Halo, Kak. Sudah diterima di univ?”
            “Udah kok, tumben nelepon malem-malem?”
Nada suaranya tampak ceria, Indri jadi ragu untuk berkata. Tapi ini demi kebaikannya dia harus mengatakannya
            “Aku mau ngomong sama Kakak,”
            “Haduh, kakak lagi di luar kota, jadi ngga bisa ngomong langsung, emangnya kenapa, Say?”
            “Sebenernya aku merasa kalau aku tuh bukan pacar kakak, aku merasa kalau aku cuma temen ngobrol kakak. Aku tau kakak nyembunyiin sesuatu dari aku,”
            “M-mak-sudd kamu?”
Tuh kan bener, Andre jadi grogi berarti dia memang menyembunyikan sesuatu dari Indri.
            “Kak, aku merasa kalau Kak Andre yang jadi pacar aku sama Kak Andre yang masih jadi “kakak” buat aku itu beda, dan aku ngga suka sama perubahan itu. Kakak semakin tertutup sama aku,”
            “Sayang, kamu itu ngomongon apa sih?”
            “Aku lebih nyaman kalau Kak Andre jadi “kakak” buat aku, bukan jadi kekasih aku. Karena apa? Aku nggak suka di bohongin,” DEG. Sumpah demi apa seseorang tolongin Andre. Jantung Andre seolah-olah berhenti. Dia merasa habis terbang ke langit tertinggi langsung di jatuh dengan kecepatan tinggi. Dia merasa sakit banget plus dia juga merasa bersalah sama Indri karena dia memang sudah membohonginya mulai dari hal-hal yang paling dasar.
            “Kamu mau mengakhiri hubungan kita?”
            “Aku nggak mau itu, aku cuma mau kakak kembali jadi Kak Andre yang dulu,”
Okay, ucapan Indri sedikit membuat bingung Andre. Namun dia cepat memahami kalau Indri memang tidak mau kehilangannya, dia ingin tetap berkomunikasi baik dengan Andre.
            “Fine, kita tetep bisa komunikasi kan?”
            “Ya iyalah, Kak.”
            Akhirnya Andre mengakui semuanya. Dia juga bercerita tentang tempat tinggalnya,  sekolahnya dan maksud dibalik semua itu. Dia juga bercerita bahwa dia selalu menyimpan setiap pesan yang Indri kirimkan padanya dan mengapa dia selalu menghubunginya tiap pagi dan jarang membalas sms Indri. Indri juga akhirnya mengetahui dari cerita Andre bahwa ada seseorang yang diam-diam menyukai Andre dan bisa diakui bahwa mereka sudah semakin akrab walaupun mungkin Andre tidak menyadarinya. Indri akhirnya menyadari bahwa lebih baik begini walaupun dia sedikit menyesal setelah mendapat penjelasan Andre.
-=-=-=-=-
            Bulan berganti bulan dan tahun pun berganti, Indri masih berhubungan baik dengan Andre. Bedanya mereka berhubungan lewat sms. Jarang sekali lewat telepon. Indri juga mengucapkan selamat ulang tahun pada Andre di hari ulang tahunnya. Sebenarnya Indri masih suka dengan Andre namun dia memutuskan hubungannya karena Andre sudah membohonginya mulai dari hal yang paling dasar, dan Indri tidak menyukai hal itu. Sampai Indri lulus SMP pun mereka masih berhubungan namun semakin jarang sampai akhirnya Indri tidak bisa menghubungi Andre lagi. Saat itu Indri kembali kecewa pada Andre, karena Andre pernah berkata padanya bahwa mereka masih dapat berkomunikasi tapi ternyata malah Andre yang tidak bisa dihubungi lagi. Sampai sekarang pun sebenarnya Indri masih berharap bahwa ia dapat bertemu dan berkomunikasi baik dengan Andre.
            Andre sendiri memutuskan move on dari Indri. Namun dia akan tetap menjaga komunikasinya dengan Indri. Sampai suatu hari ada suatu hal yang membuat komunikasinya dengan Indri menjadi terputus. Dan Indri tidak mengetahuinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar